Jumat, 29 Maret 2013

surat Al Mulk


Dec 18, '09 10:24 AM
untuk semuanya
Bismillahirrahmanirrahim

Sebuah pesan dari salah seorang anggota "organisasi orang-orang keren dunia akhirat" :)

'Abdullah bin 'Abbas radhiallahu 'anhu pernah berkata kepada seorang lelaki, "Apakah kamu ingin aku hadiahkan sebuah hadis yang dapat menggembirakanmu?" Jawab pemuda tersebut, "Tentu saja!"

Maka Ibnu 'Abbas berkata, "Bacalah تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ (surat al-mulk*) dan ajarkanlah ia kepada isterimu, anak-anakmu, anak-anak di rumahmu dan tetangga-tetanggamu. Sesungguhnya ia adalah penyelamat dan pembela bagi kamu. Ia membela atau mempertahankan pembacanya pada hari kiamat ketika bertemu dengan Tuhannya. Surah ini akan memohon kepada Tuhan agar menyelamatkan pembacanya dari azab neraka dan siksaan kubur. Ibnu 'Abbas berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Aku amat berharap agar ia (surah al-Mulk) berada di dalam hati setiap insan dari kalangan umatku" **
(Diriwayatkan 'Abd bin Humaid dalam al-Muntakhab min Musnadih, dihasankan oleh Ibnu Hajar)

Dalam hadis yang lain diterangkan bagaimana caranya agar al-Mulk dapat menjadi pembela bagi kita.

Dari 'Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhu, ia berkata "Siapa yang membaca  تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ  (surat al-mulk) setiap malam, niscaya Allah melindunginya dari adzab kubur. Pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kami menamakannya mani'ah(pelindung/penghalang). Di dalam kitabullah ia adalah surat yang barangsiapa membacanya setiap malam, maka dia telah memperbanyak dan membaguskan (pahalanya)"
(HR. an-Nasa'i. Dishahihkan oleh al-Hakim, dan dihasankan oleh Zakaria Ghulam al-Bakistani)

Walhamdulillah, al-Mulk adalah surat yang pendek. Insya Allah hanya memerlukan 5-10 menit membacanya, tergantung kelancaran bacaan kita.

5-10 menit setiap malam, dan anda akan terbebas dari adzab kubur. Apalagi yang anda tunggu?

------------------------
*: surat al mulk adalah surat ke 67, surat pertama di juz 29
**: dibahasaindonesiakan dari teks hadis bahasa melayu.

dari email oleh 

syaikhul muqorrobin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar